:

Erythromycin termasuk golongan obat apa?

Innehållsförteckning:

  1. Erythromycin termasuk golongan obat apa?
  2. Azithromycin termasuk golongan antibiotik apa?
  3. Kloramfenikol termasuk golongan antibiotik apa?
  4. Apakah sama Azitromisin dan eritromisin?
  5. Obat Eryra Forte Erythromycin 500 mg itu obat apa?
  6. Ciprofloxacin termasuk golongan obat apa?
  7. Apa kegunaan obat Azithromycin Dihydrate?
  8. Azithromycin apakah obat generik?
  9. Apa saja golongan antibiotik?
  10. Apakah kloramfenikol berbahaya?
  11. Bagaimana kerja eritromisin?
  12. Apakah erythromycin merupakan obat golongan antibiotik makrolid?
  13. Apakah eritromisin memiliki spektrum antibakteri?
  14. Apakah erythromycin dapat menyebabkan efek samping?

Erythromycin termasuk golongan obat apa?

Obat ini harus digunakan sesuai dengan resep dokter. Erythromycin merupakan obat golongan antibiotik makrolid yang bekerja dengan menghambat pertumbuhan dan membunuh bakteri penyebab infeksi. Perlu diketahui, obat ini tidak dapat digunakan untuk mengobati infeksi virus, seperti flu.

Azithromycin termasuk golongan antibiotik apa?

Obat ini hanya boleh digunakan dengan resep dokter. Azithromycin tersedia dalam bentuk tablet, kapsul, suspensi, dan suntik. Obat golongan antibiotik makrolida ini bekerja dengan cara menghentikan pertumbuhan bakteri. Obat ini tidak dapat digunakan untuk mengatasi infeksi virus.

Kloramfenikol termasuk golongan antibiotik apa?

Oleh karena mekanisme kerjanya ini, Chloramphenicol termasuk ke dalam golongan antibiotik bakterisidal (bekerja dengan membunuh bakteri). Chloramphenicol adalah antibiotik dengan spektrum kinerja yang luas, artinya dapat digunakan untuk melawan infeksi dari berbagai jenis bakteri sekaligus.

Apakah sama Azitromisin dan eritromisin?

Azitromisin adalah makrolida yang aktivitas nya terhadap bakteri Gram positif sedikit lebih lemah dibanding eritromisin, tetapi lebih aktif terhadap bakteri Gram negatif seperti Hemophilus influenzae. Kadar plasma azitromisin sangat rendah, tapi kadarnya dalam jaringan jauh lebih tinggi.

Obat Eryra Forte Erythromycin 500 mg itu obat apa?

Eryra forte adalah obat yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri di bagian tubuh seperti infeksi saluran pernapasan, infeksi kulit, dan difteri.

Ciprofloxacin termasuk golongan obat apa?

Kategori obat ini termasuk dalam obat resep dari golongan antibiotik kuinolon (quinolone). Manfaat obat Ciprofloxacin untuk mengobat infeksi akibat dari bakteri dan diperuntukkan untuk dewasa dan anak-anak.

Apa kegunaan obat Azithromycin Dihydrate?

Azithromycin dapat melawan berbagai macam bakteri, termasuk golongan bakteri Streptococcus. Obat ini sering digunakan untuk mengobati infeksi ringan hingga sedang pada paru-paru, sinus, kulit, dan bagian tubuh lainnya. Dokter umumnya meresepkan Azithromycin untuk infeksi sinus, komplikasi COPD, atau tonsillitis.

Azithromycin apakah obat generik?

Azithromycin Dexa 500 mg – 10 kaplet – Antibiotik Generik Golongan Makrolida.

Apa saja golongan antibiotik?

8 Jenis Antibiotik Beserta Manfaat dan Efek Sampingnya

  • Berbagai Jenis Antibiotik. ...
  • Penisilin (Penicillins) ...
  • Sefalosporin (Cephalosporins) ...
  • Aminoglikosida (Aminoglycosides) ...
  • Makrolida (Macrolides) ...
  • Sulfonamida (Sulfonamides) ...
  • Fluoroquinolones. ...
  • Tetrasiklin (tetracyclines)

Apakah kloramfenikol berbahaya?

Kloramfenikol merupakan antibiotik spektrum luas, namun dapat menyebabkan efek samping hematologik yang berat jika diberikan secara sistemik. Oleh karena itu, obat ini sebaiknya dicadangkan untuk penanganan infeksi yang mengancam jiwa, terutama akibat Hemophilus influenzae dan demam tifoid.

Bagaimana kerja eritromisin?

  • Mekanisme kerja Eritromisin. Eritromisin yang sudah dicerna dan diserap oleh tubuh akan bekerja dengan cara menembus membran sel bakteri dan mengikat sub unit ribosom 50 S dan 70 S atau dekat dengan area P atau donor tRNA sehingga pengikatan tRNA ke area donor terhambat.

Apakah erythromycin merupakan obat golongan antibiotik makrolid?

  • Erythromycin merupakan obat golongan antibiotik makrolid yang bekerja dengan menghambat pertumbuhan dan membunuh bakteri penyebab infeksi. Perlu diketahui, obat ini tidak dapat digunakan untuk mengobati infeksi virus, seperti flu.

Apakah eritromisin memiliki spektrum antibakteri?

  • Eritromisin memiliki spektrum antibakteri yang mirip dengan penisilin, sehingga obat ini digunakan sebagai alternatif pada pasien yang alergi terhadap penisilin. Indikasi eritromisin mencakup infeksi saluran napas, whooping cough, penyakit legionnaire dan enteritis karena kampilobakter.

Apakah erythromycin dapat menyebabkan efek samping?

  • Peningkatan kadar dan efek ergotamine atau dihydroergotamine Selain manfaat yang diberikannya, erythromycin juga dapat menimbulkan efek samping. Beberapa efek samping yang dapat terjadi setelah mengonsumsi erythromycin adalah: Konsultasikan dengan dokter jika efek samping di atas mengganggu atau tidak kunjung sembuh.